h1

Cape’ deeehh….

Juli 16, 2008

Hari ini hari ke-3 sekolah, tapi belum ada kejelasan tentang status Lab B.

Status yang jelas justru muncul lagi di Lab A, yaitu tidak disetujuinya mengajar Linux. Karena ada guru teori yang menentang dan tidak mau untuk mengajarkan. sebenernya bukan tidak mampu dia mengajar, hanya mungkin aja dia tidak mau untuk belajar mengenal sesuatu yang lain.

Yah sudahlah. Tahun ini tidak mengajar Linux dulu juga ga apalah, yang penting masih bisa ngajar. Mungkin tahun depan dicoba lagi.

Kemarin sore (sekitar jam 14.40 -dilihat dari kertas faxnya) SMP 49 mendapat surat dari Kementrian Riset dan Teknologi untuk mengikutsertakan siswa/i nya pada acara Scient for All yang bertema “Rekayasa Robotik”. Inti dari acara tersebut adalah: “Nonton Robot (Ashimo kali ya? soalnya acaranya di JHCC) dan bincang-bincang dengan Pak Mentri”.

Kami mendapat jatah 1 orang siswa tanpa didampingi oleh guru pendamping. Siswa tersebut harus sudah ada di Gedung BPPT di jalan M.H. Thamrin, Jakpus pada pukul 9.30. Kami sangat diuntungkan dengan budaya karet bangsa kita, karena kami sampai disana sekitar pukul 10.00 dan bis yang akan membawa para siswa ke lokasi masih ada. Coba kalau bangsakita sudah tidak menggunakan karet lagi dalam kesehariannya, pasti kami sedang mengelap-elap saliva kepsek yang hinggap di muka kami.

ternyata di BPPT yang katanya merupakan salah satu badan yang “Hai tek”, masih juga ngaret. Pantes aja kalo bangsa ini ga pernah bisa maju. melar terus, kaya karet.

halah.. ini mah ungkapan kekesalan doang kali. bodo amat !!!

Maju terus dunia IT indonesia. Tetap semangat penggiat Opensource Indonesia. Hidup YPLI, Hidup BlankOn, Hidup Slacker..(eh.. gini tulisannya ya?)

Kabarnya IGOS gimana ya?

h1

Lab Gedung A

Juli 8, 2008

Alhamdulillah,

kemarin (8 Juli 2008) telah selesai diinstall ulang komputer-komputer di Lab Gedung A.

Isi dari komputer-komputer tersebut lumayan lengkap. Untuk yang versi Windows XP terinstal: MS Office 2003 ,2007 dan OpenOffice 2.4 (ada 3 office), aplikasi bahasa Inggris (Fluent kalo ga salah), Gimp, IZArc, XnView dan yang tidak sengaja ikut terinstall adalah Winamp.

Sedangkan untuk versi Linuxnya adalah; Distro BlankOn 3 Lontara, OpenOffice 2.4, GIMP dll. Lengkap lah pokoknya satu cd installer, ditambah salah satu pc nya dijadikan repository lokal.

Baca entri selengkapnya »

h1

Selamat Tahun Baru

Juli 2, 2008

Assalamu’alaikum

dengan ini saya mengucapkan selamat tahun baru bagi anak-anak sekolah. loh kok taun baru? ya dong -masa iya lah?. Kan emang mereka sedang merayakan tahun baru, tepatnya tahun ajaran baru sampai tanggal 14 Juli nanti.

Nah dengan, ini juga saya beritahukan bahwa ditahun ajaran 2008-2009 ini saya kembali diamanatkan untuk mengajar kelas 8. Hehe senangnya hati ini begitu melihat di tayangan proyektor kalau yang mengajar kelas 8 adalah saya lagi.

ada perbedaan yang sedang saya usahakan untuk tahun ini, yaitu:

  • Lab akan menggunakan dual boot, Linux dan Windows. Yang tahun kemarin hanya menggunakan windows saja.
  • Office suite yang akan saya ajarkan adalah OpenOffice.Org.

Untuk solusi OS Linux yang akan saya install di Lab A adalah BlankOn Linux 3.0 Lontara mengingat spek yang ada sudah “agak” mendukung untuk Lontara. Sedangkan di Lab B mungkin akan menggunakan Zenwalk (atau turunannya), atau KateOs.

Sedangkan alasan untuk pemilihan OpenOffice.Org adalah karena memang di Linux, defaultnya ya OpenOffice ini. Alasan lainnya adalah untuk memutuskan rantai pembajakan yang semakin hari semakin panjang tak terhingga yang kalau tidak dibatasi dengan akal yang bijak akan membuat negara ini naik peringkat pembajaknya, atau mungkin angka pembajakan turun tapi angka keminskinan bertambah karena pengguna komputer dipaksa untuk menggunakan perangkat lunak berbayar dan tidak pernah dipaksa untuk membeli sembako.

Mungkin dengan diberlakukannya standar OpenOffice.Org tahun ini akan mengurangi kenyamanan kami menggunakan aplikasi pengolah angka dan kata dalam KBM. Mengingat kebersamaan kami dengan Microsoft Office yang sudah mendarah daging dan kenyamanan serta kemudahan yang telah disediakan oleh Microsoft. Untuk itu tak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk Microsoft (hala… apa sih ini??). Tapi memang, hampir semua perubahan itu diawali oleh rasa tidak enak, tidak nyaman dan tidak rela, walaupun kita semua tahu bahwa perubahan harus selalu terjadi, karena di kehidupan yang semakin cepat ini memang tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri.

tapi untuk menjaga sinergi antar sesama pengguna komputer, saya tetap mempertahankan adanya MS-Office 2003 aseli di Lab A dan Lab B (tapi tidak di laptop saya -kalau saya punya). Karena masih ada pengajar yang belum rela untuk sepenuhnya meninggalkan dunia Microsoft yang gegap gempita dan gilang gemilang tersebut penuh dengan kemudahan dan canda tawa tersebut.

Mungkin cukup saja sambutan tahun baru ini. Insya Allah dikemudian hari akan saya posting hal-hal yang berkaitan dengan KBM TIK di SMPN 49, khususnya kelas 8. Kalau ngerecokin kelas yang lain, masih sungkan karena ada pengajarnya masing-masing.

dan dikesempatan yang sempit ini saya beritahukan juga, bahwa ada Guru baru yang akan mengajar kelas 9 menggantikan Pak Joko Cahyono yang ditarik ke TU, yaitu Ibu Novi. Beliau pernah mengajar TIK di SMPN 202 (kalau tidak salah). Mudah-mudahan akan terjalin kerjasama yang baik dengan seluruh “penghuni” 49 dan guru-guru TIK khususnya.

h1

Hello world!

Juli 2, 2008

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!